Informasi Segala Macam Gejala Penyakit Lengkap dengan pengobatannya

8 Jun 2017

8 Gejala Penyakit HIV Aids Yang Harus Diwaspadai

8 Gejala Penyakit HIV Aids - Penyakit aids merupakan penyakit yang sulit sekali penyembuhannya. Karena hingga saat ini, penyakit aids belum ditemukan obatnya secara medis. Beberapa orang menganggap penyakit Aids merupakan penyakit memalukan. Karena penularan utama virus ialah melalui cairan antar tubuh, terutama cairan karena hubungan seksual. Masyarakat menilai, bila seseorang terkena penyakit aids, mengartikan kalau ia terjebak dalam pergaulan bebas.

Padahal kenyataannya tidak selalu demikian. Penyebab penyakit yang satu ini ialah virus Human Immunodeficiency Virus. Dimana virus HIV ini menyerang kekebalan tubuh. Penularannya tidak selalu melalui cairan kemaluan. Bisa melalui cairan darah lewat transfusi darah yang tidak steril. Bisa juga penularan melalui cairan batuk, ludah atau ingus. Berikut ini penulis sajikan beberapa gejala penyakit HIV Aids:

Ruam pada Kulit
Gejala yang akan tampak pada penderita penyakit Aids ialah ruam pada kulit. Ruam ini terasa sakit bila disentuh.

Muntaber
Penderita penyakit HIV Aids akan mengalami muntah-muntah. Muntah-muntah tersebut disertai diare yang berkepanjangan. Pengobatan dengan obat diare biasa tidak akan mampu menghentikan diare.

Penurunan Berat Badan
Penderita penyakit Aids memang tidak terlalu mengalami masalah dengan nafsu makan. Meski cenderung sedikit berkurang, ia tetap memiliki selera untuk makan. Namun karena muntaber yang tak kunjung sembuh, penderita penyakit HIV Aids akan mengalami penurunan berat badan secara drastis.

Nyeri Otot
Gejala penyakit HIV Aids selanjutnya ialah nyeri otot. Penderita akan merasakan nyeri otot yang tak tertahan. Nyaris sama dengan nyeri otot yang dirasakan pengguna narkoba yang sedang ketagihan.

Batuk Kering
Penderita penyakit HIV aids akan mengalami batuk kering yang juga tak kunjung sembuh. Kalaupun diredakan dengan obat, batuk tersebut akan kambuh kembali ketika efek obat sudah hilang. Karena tubuh penderita penyakit aids sudah tidak lagi memiliki kemampuan sendiri untuk melawan bakteri batuk yang masuk.

Demam
Pada kondisi tertentu, gejala penyakit HIV Aids berupa demam tinggi akan mengganggu penderita. Di malam hari, demam tersebut akan mengganggu tidur.

Perubahan pada Kuku
Kekebalan tubuh yang rusak juga berpengaruh terhadap kesehatan tulang. Kuku merupakan jenis tulang lunak yang tak berhenti tumbuh. Namun ketika seseorang menderita penyakit HIV aids, kukunya akan mengalami kerusakan.

Daya Tahan Tubuh Melemah
Karena virus HIV menyerang kekebalan tubuh, akibatnya daya tahan tubuh menjadi lemah. Karena daya tahan tubuh lemah, penderita penyakit HIV aids biasanya juga akan mengalami komplikasi penyakit. Baik itu penyakit paru-paru, luka yang mudah terinfeksi, hepatitis dan penyakit yang serius lainnya.

Itulah beberapa gejala penyakit HIV Aids. Karena penyakit ini tergolong sangat serius dan masih cukup langka, yang terpenting kita bisa menjaga diri. Menjaga diri dari kebiasaan yang tidak sehat. Berhati-hati saat berobat dengan jarum suntik. Serta menjaga agar tidak kontak dengan cairan penderita penyakit HIV Aids. Bila kita sudah menjaga hal tersebut, kemungkinan untuk tertular virus HIV sangatlah kecil.

8 Gejala Penyakit HIV Aids Yang Harus Diwaspadai Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Widi Hermanto

0 komentar:

Posting Komentar