Informasi Segala Macam Gejala Penyakit Lengkap dengan pengobatannya

29 Mei 2017

Waspadai Gejala Penyakit Hipertensi Sebelum Terlambat

image : jawaban.com
Darah merupakan salah satu bagian tubuh yang amat besar fungsinya. Ia berfungsi sebagai jaringan pengangkut, yang mengangkut nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh. Itu artinya, keberadaan dan fungsi darah sangat penting bagi seluruh anggota tubuh kita. Cairan berwarna merah ini rupanya juga bisa terserang penyakit. Salah satunya ialah penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi. Dimana kondisi tekanan darah saat melakukan chek tensi darah berada di atas normal. Sedangkan kondisi tekanan darah normal berada pada kisaran 120-130.

Penyakit hipertensi umumnya menyerang orang dewasa dan lansia. Sebab faktor usia memang mempengaruhi resiko seseorang terkena penyakit tekanan darah  tinggi. Selain itu, pola hidup tidak sehat, stres dan alkohol juga menjadi faktor pemicu seseorang terkena penyakit hipertensi. Berikut beberapa gejala penyakit hipertensi yang perlu diketahui:

Jantung Berdebar
Penderita penyakit hipertensi akan mengalami gejala jantung berdebar. Hal ini disebabkan tekanan darah yang membuat kondisi jantung tidak stabil dan relatif cepat. Kerja jantung juga menjadi lebih berat sehingga membuat detak jantung sangat keras dan terasa berdebar.

Peningkatan Intensitas Buang Air Kecil
Peningkatan tekanan darah biasanya berbanding lurus dengan intensitas buang air kecil. Buang air kecil menjadi meningkat karena ginjal juga mengalami masalah akibat hipertensi.

Mimisan
Beberapa penderita penyakit hipertensi juga mengalami mimisan atau keluar darah melalui hidung. Ini terjadi akibat pecahnya pembuluh darah di saluran pernafasan yang menyebabkan mimisan.
Sakit Kepala atau Pusing
Karena asupan darah menuju otak lambat, penderita penyakit hipertensi pun sering sakit kepala atau pusing. Kandungan lemak dalam darah cukup tinggi menyebabkan darah agak kental. Sehingga aliran darah menuju otak tidak lancar.

Vertigo
Beberapa penderita penyakit hipertensi bahkan mengalami sakit vertigo. Kepala terasa sangat sakit dibandingkan sakit kepala biasa.

Pandangan Mata Kabur
Ketidaklancaran aliran darah juga berpengaruh pada saraf mata. Ketajaman pandangan mata menjadi berkurang. Beberapa penderita hipertensi hanya mengalami mata berkunang-kunang.

Wajah Kemerahan
Pada kasus anemia, wajah penderita cenderung putih pucat. Sebaliknya, pada penderita hipertensi mengalami gejala wajah kemerahan.

Sulit Berkonsentrasi dan Mudah Lupa
Akibat aliran darah tidak lancar, terjadi gangguan pada fungsi otak. Penderita hipertensi mengalami kesulitan berkonsentrasi dan mudah sekali lupa.

Emosi Tidak Stabil
Penyakit hipertensi juga menunjukkan gejala perubahan emosi. Penderita hipertensi akan menunjukkan emosi tidak stabil berupa mudah marah dan terbawa perasaan. Beberapa penderita hipertensi bahkan bisa saja mendapat serangan keterkejutan hingga kehilangan kesadasan sejenak.

Itulah beberapa gejala penyakit hipertensi yang harus kita ketahui. Sebab penyakit ini marak terjadi akhir-akhir ini. Setiap orang juga memiliki resiko yang sama untuk terserang hipertensi.


Waspadai Gejala Penyakit Hipertensi Sebelum Terlambat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Widi Hermanto

0 komentar:

Posting Komentar