Informasi Segala Macam Gejala Penyakit Lengkap dengan pengobatannya

1 Apr 2017

Waspada Dan Kenali Gejala Penyakit Alzheimer Sebelum Terlambat

Selain penyakit parkinson, penyakit yang juga menyerang otak ialah penyakit Alzheimer. Merupakan penyakit otak yang menyebabkan gangguan sistem motorik, daya ingat, penalaran, kemampuan calistung serta kemampuan kognitif lainnya. Terdapat plak di otak serta bundelan serat kusut. Secara medis, penyakit alzheimer merupakan penyakit dimana hubungan antara sel-sel saraf atau neoron di otak menghilang atau kusut. Sedangkan fungsi neoron adalah penghubung pesan antar neoron satu dengan lain di dalam otak, serta penghubung pesan antara otak dengan otot tubuh.

Belum diketahui secara pasti penyebab penyakit alzheimer. Namun penyakit alzheimer bisa karena faktor genetik, faktor lingkungan dan gaya hidup. Secara sederhana, otak penderita penyakit alzheimer mengalami penyusutan karena hilangnya neoron di otak. Penyakit ini memang tergolong langka karena jarang sekali ditemukan orang yang menderita alzheimer. Oleh karena itu untuk memberikan penanganan hendaknya mengenali apa gejala  penyakit Alzheimer ini.

Berikut beberapa gejala penyakit alzheimer yang perlu kita waspadai:

Daya Ingat Menurun Secara  Perlahan
Gejala pertama yang akan dirasakan penderita ialah gangguan pada ingatan. Mula-mula penderita akan sering lupa pada hal yang wajar. Misalnya lupa meletakkan barang, lupa hendak melakukan apa, dan lupa lainnya yang masih bersifat wajar. Namun secara  perlahan, daya ingat terus menurun. Penderita Alzheimer bisa lupa terhadap orang-orang di sekitarnya, lupa jalan, bahkan lupa pada namanya sendiri.

Kemampuan Bahasa, Menulis, dan Berhitung Menurun
Kemampuan baca-tulis dan berhitung merupakan kemampuan kognitif dasar setelah kemampuan mengingat. Secara perlahan, kemampuan Calistung ini juga akan menurun. Dalam beberapa kasus, penderita alzheimer bahkan bisa lupa apa itu kata dan angka.

Bermasalah dengan Tata Ruang
Gejala penyakit alzheimer sebenarnya hampir mirip dengan kepikunan pada orang lansia. Bahkan kepikunan bisa berkembang menjadi penyakit Alzheimer. Diantara gejala penyakit alzheimer yang mirip kepikunan ialah, bermasalah dengan tata ruang. Penderita alzheimer bisa tidak tahu jalan pulang, tidak tahu dimana kamarnya sendiri, bahkan kadang ia berjalan dan membentur suatu barang.

Tidak Bisa Melakukan Aktivitas Sehari-hari dengan Baik
Gejala penyakit alzheimer parah ialah, penderita sudah tidak bisa lagi melakukan aktivitas sehari-hari dengan normal. Makan, mandi, bahkan menggunakan pakaian, selalu membutuhkan bantuan orang lain. Beberapa penderita bahkan tidak bisa mengontrol buang air kecil, buang air besar dan menelan ludah. Penderita Alzheimer bisa buang air kecil dan besar tanpa sadar. Ludahnya pun meleleh kemana-mana karena tidak terkontrol lagi.

Gangguan Kognitif Lainnya
Gangguan kognitif lainnya juga akan terjadi pada penderita alzheimer. Diantaranya, mengalami kesulitan berbicara dan mengeja kata, melakukan gerakan yang tidak terduga atau aneh dan lainnya.


Itulah beberapa gejala penyakit Alzheimer. Dimana penyakit ini menyerang pusat tubuh kita, yakni otak. Oleh karena itu jika mengalami gejala penyakit seperti yang tersebut di atas hendaknya segera memeriksakan diri ke dokter spesialis. 

Waspada Dan Kenali Gejala Penyakit Alzheimer Sebelum Terlambat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ach Holili Sutejo

0 komentar:

Posting Komentar