Informasi Segala Macam Gejala Penyakit Lengkap dengan pengobatannya

3 Apr 2017

10 Ciri Gejala Penyakit Amandel Yang Sering Terjadi

Amandel Adalah salah satu kelenjar yang terletak di sisi kanan-kiri, antara mulut dan tenggorokan. Seseorang terkena penyakit amandel bila kelenjar ini terkena infeksi; baik karena peradangan atau karena infeksi bakteri atau virus. Salah satu virus yang bisa menginfeksi kelenjar amandel ialah virus influenza. Termasuk virus-virus lain yang masuk ke dalam tubuh.

Penyakit amandel merupakan salah satu penyakit yang sering kambuh. Tingkat kekambuhan tersebut tergantung pada tingkat daya tahan tubuh. Semakin kuat daya tahan tubuh kita, resiko untuk kambuh akan semakin kecil. Untuk itu sangat oenting untuk mengetahui apa gejala penyakit amandel agar bisa memberikan menanganan dan penanggulangan sesuai dengan gejala yang ada. Untuk lebih detilnya bisa disimak di bawah ini.

Inilah Gejala Penyakit Amandel Yang Harus Sering terjadi

Sakit Tenggorokan
Karena kelenjar amandel terletak di antara mulut dan tenggorokan, penderita penyakit amandel akan mengalami sakit tenggorokan.

Nyeri Telan
Ketika menelan air liur, makanan atau minuman, penderita penyakit amandel akan merasakan nyeri hebat hingga ke kepala. Hal ini terjadi karena, ketika menelan, tenggorokan menekan kelenjar amandel yang sedang mengalami peradangan. Sehingga rasa nyeri akan terasa sangat menyiksa. Membuat penderitanya malas menelan, makan dan minum.

Sakit Kepala Hebat
Gejala penyakit amandel juga membuat penderita mengalami sakit kepala hebat. Apalagi ketika menelan. Nyeri telan tersambung hingga ke kepala.

Bau Mulut Tidak Sedap
Peradangan di tenggorokan membuat penderita mengalami bau mulut tidak sedap. Ditambah dengan kesulitan menelan, membuat air liur mengendap hingga berbau tidak sedap di dalam mulut.

Bintik Merah atau Putih pada Mulut
Bila bakteri sampai menginfeksi bagian mulut, akan muncul bintik merah atau putih pada lidah dan bibir bagian dalam. Tentu terasa pedih seperti sedang mengalami sariawan.

Kelenjar Getah Bening Membengkak
Sebagai bentuk respon terhadap infeksi, kelenjar getah bening yang berada di leher bagian bawah rahang pun membengkak. Pembengkakan kelenjar getah bening menyebabkan rasa nyeri saat menelan semakin parah.

Suhu Badan Naik
Selain itu, gejala penyakit amandel yang juga akan dialami penderita ialah peningkatan suhu tubuh. Namun penderita sendiri justru merasa menggigil.

Terasa Ada Yang Mengganjal di Tenggorokan
Pembengkakan kelenjar amandel menimbulkan rasa mengganjal di tenggorokan. Sehingga akan sangat terasa karena tnggorokan adalah salah satu saluran penting dalam system pernafasan manusia.

Mual dan Muntah
Beberapa penderita penyakit amandel bahkan mengalami gejala mual hingga muntah. Hal ini terjadi karena perut kembung dan kosong akibat kesulitan menelan.

Suara Berubah, Bahkan Menghilang
Gejala penyakit amandel akut ialah penderita akan mengalami perubahan suara. Bahkan ada beberapa penderita yang suaranya menghilang untuk sementara. Hal ini disebabkan pembengkakan kelenjar menekan pita suara.


Itulah beberapa gejala penyakit amandel yang perlu kita waspadai. Sebagai bentuk pencegahan, sebaiknya kita menjaga kebersihan makanan, kurangi makanan berminyak dan pedas. Terlebih bila pembaca memang memiliki riwayat penyakit amandel yang sering kambuh.

10 Ciri Gejala Penyakit Amandel Yang Sering Terjadi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ach Holili Sutejo

0 komentar:

Posting Komentar