Informasi Segala Macam Gejala Penyakit Lengkap dengan pengobatannya

16 Mar 2017

Kenali Gejala Penyakit TBC Atau Tuberculosis Paru-paru Sebelum Telat

Tuberculosis atau TBC adalah  penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Nama bakteri yang menginfeksi ialah Mycrobacterium tuberculosa. Bakteri ini rupanya tidak hanya menjangkit paru-paru sebagaimana TBC pada umumnya. TBC juga menjangkit tulang, usus bahkan kelenjar. Seseorang bisa terjangkit TBC bila ia menghirup udara yang mengandung bakteri sebagaimana disebutkan di atas. Karena bakteri TBC yang dikeluarkan oleh penderita TBC bisa bertahan di udara selama beberapa jam. Penularannya pun menjadi sangat beresiko. Namun penularan aktif hanya akan berlaku pada orang yang memiliki daya tahan tubuh lemah.

Pada penderita TBC paru-paru, tentu akan menunjukkan gejala yang berbeda dengan TBC yang lain. Karena ini menjangkit saluran pernafasan, maka gejala yang timbul berkaitan erat dengan sistem pernafasan. Untuk mengetahui apa gejala penyakit TBC paru-paru yang akan dirasakan oleh penderita bisa disimak di bawah ini.

Gejala Penyakit TBC Atau tuberculosis Yang Harus Diwaspadai

Sesak Nafas dan Nyeri pada Dada
Karena bakteri TBC menjangkit paru-paru, maka hal pertama yang dirasakan penderita ialah sesak nafas dan nyeri pada dada. Sesak nafas sebenarnya disebabkan oleh upaya saluran pernafasan untuk melindungi paru-paru dari sesuatu yang berbahaya dengan melakukan penyempitan. Tapi sebenarnya bakteri sudah masuk dan menjangkit paru-paru. Sedangkan nyeri dada disebabkan oleh paru-paru yang mulai meradang akibat infeksi bakteri.

Demam Ringan
Gejala penyakit TBC yang lain ialah mengalami demam ringan. Kadang penderita mengalami peningkatan suhu tubuh. Tapi ia sendiri merasa menggigil seperti demam pada umumnya. Deman yang dimaksud adalah demam biasa dan bukan gejala demam berdarah atau DBD.

Berkeringat di Malam Hari
Penderita penyakit tuberculosis paru-paru juga akan mengalami gejala berkeringat di malam hari. Hal ini tentu aneh dan merupakan gejala yang sangat khas. Karena pada umumnya cuaca akan turun pada malam hari sehingga terasa sejuk bahkan dingin.

Kehilangan Nafsu Makan dan Penurunan Berat Badan
Sebagai bentuk respon tubuh untuk menyembuhkan diri, penderita TBC juga akan kehilangan nafsu makan. Tubuh akan fokus menyembuhkan diri dibandingkan mencerna makanan. Karena kehilangan nafsu makan, secara otomatiis berat badan penderita juga akan menurun.

Badan Terasa Lemah dan Mudah Lelah
Gejala penyakit tuberculosis yang akan dirasakan penderita ialah badan terasa lemah. Ia seakan tidak memiliki tenaga untuk beraktivitas yang berat. Kalaupun dipaksa untuk beraktivitas yang sedikit berat, penderita TBC akan mudah lelah.

Batuk Berdahak Selama Lebih dari 3 Minggu
Gejala yang sangat khas dari penyakit TBC paru-paru ialah batuk selama lebih dari 3 minggu. Bila Anda menderita batuk selama lebih dari 3 minggu, sebaiknya segera tes dahak ke dokter. Terutama bila disertai gejala penyakit TBC lainnya. Karena penanganan penyakit TBC harus cepat, tepat dan berkelanjutan.

Lendir batuk Tebal, Keruh dan Kadang Berdarah
Gejala penyakit TBC yang terakhir ialah lendir batuk tebal, keruh dan kadang-kadang disertai darah.  Darah ini muncul dari peradangan paru-paru yang disebabkan oleh bakteri TBC.

Itulah beberapa gejala penyakit TBC yang mudah kita kenali. Segera periksa ke dokter bila Anda mengalami beberapa gejala di atas. Karena Penyakit ini termasuk penyakit berbahaya dan menular. Tentunya penanganan yang terlambat pada penyakit TBC dapat mengakibatkan kematian. 

Kenali Gejala Penyakit TBC Atau Tuberculosis Paru-paru Sebelum Telat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ach Holili Sutejo

0 komentar:

Posting Komentar