Informasi Segala Macam Gejala Penyakit Lengkap dengan pengobatannya

20 Mar 2017

11 Gejala Penyakit Liver atau Hati Yang Sering Terjadi

Liver atau hati merupakan penyakit yang lazim terjadi pada orang-orang dengan pola hidup tidak sehat. Kerusakan hati tidak hanya disebabkan oleh virus hepatitis, tetapi juga infeksi non-virus. Penyakit liver bisa juga disebabkan seseorang terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol, perokok aktif, serta zat-zat kimia berbahaya yang lain. Kali ini penulis akan membahas seputar penyakit liver non-infeksi virus.

Penyakit liver, apapun sebabnya, merupakan bentuk kerusakan hati. Ketika hati rusak, akan berpengaruh terhadap organ-organ yang lain. Karena hati memiliki peran diantaranya, sebagai penetralisir racun dan pemproses glukosa menjadi glikogen. Kerusakan hati dapat menimbulkan beberapa gejala. Nah, Apa saja gejala penyakit liver? Simaklah lengkapnya di bawah ini.

Inilah gejala penyakit liver akibat bahan-bahan kimia berbahaya:

Perut Menjadi Buncit
Hati terletak di perut kanan bagian atas. Ketika mengalami masalah, liver jadi membengkak. Akibatnya, perut pun terlihat buncit. Perut akan sedikit membesar, terutama di area dimana hati terletak.

Warna Air Seni Berubah Menjadi Kuning Gelap
Racun yang sudah tidak bisa dinetralisir oleh liver sebagian dikeluarkan bersama urine. Akibatnya, air seni berubah warna yang awalnya kuning jernih, menjadi berwarna kuning pekat. Namun racun yang ada sebagian lagi menetap di dalam tubuh dan merusak sel atau organ tubuh yang lain.

Kulit dan Mata Berubah Menjadi Kuning
Penyakit liver disebut juga penyakit kuning. Hal ini dikarenakan kulit dan mata penderita penyakit liver akan berubah warna menjadi berwarna kuning. Hal ini disebabkan racun yang menyebar ke seluruh bagian tubuh.

Nafsu Makan dan Berat Badan Menurun
Gejala penyakit liver yang juga dirasakan penderita ialah nafsu makan yang berkurang. Sehingga penderita juga mengalami penurunan berat badan secara drastis.

Anemia
Penderita penyakit liver juga akan mengalami kekurangan darah atau anemia. Penderita pun akan mengalami gejala anemia pada umumnya; pusing dan mudah sekali mengantuk.

Mudah Haus
Penyakit liver menyebabkan penderitanya mudah haus. Meski dalam cuaca sejuk atau dingin, penderita liver tetap merasa haus.

Badan dan Mulut Berbau Tidak Sedap
Penderita penyakit liver akan merasakan gejala bau badan dan mulut tidak sedap. Oleh karena itu, mandi dan gosok gigi lebih sering dapat mengurangi gejalanya.

Sering Kebelet Pipis
Penderita penyakit liver juga akan mengalami peningkatan intensitas buang air kecil. Jumlah urine pun lebih banyak dibandingkan ketika masih sehat.

Tubuh Mudah Memar
Kerusakan hati dapat mengakibatkan penurunan kekebalan tubuh pula. Akibatnya, tubuh mudah sekali memar meski terbentur sedikit saja.

Sering Mimisan
Beberapa penderita penyakit liver juga akan mengalami gejala sering mimisan atau keluar darah dari hidung. Namun sebagian lagi tidak mengalami mimisan.

Bentuk Kuku Berubah
 Penyakit liver juga mengakibatkan perubahan pada bentuk kuku. Hal ini disebabkan berkurangnya asupan kalsium di dalam tubuh.


Itulah beberapa gejala penyakit liver non-infeksi virus seperti heatitis. Gejala penyakit liver karena infeksi dan non-infeksi memang hampir sama secara keseluruhan. Untuk megetahui lebih jelas penyebab penyakit liver yang Anda derita, sebaiknya melakukan pemeriksaan ke dokter spesial penyakit dalam. 

11 Gejala Penyakit Liver atau Hati Yang Sering Terjadi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ach Holili Sutejo

0 komentar:

Posting Komentar